Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten Absen Aksi 11 April 2022, Ini Alasannya

Sejumlah mahasiswa memilih tidak ikut aksi 11 April 2022 di Jakarta. Seperti mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) yang memilih absen mengikuti aksi unjuk rasa di Ibu Kota. Meskipun tidak hadir di Jakarta, bukan berarti para mahasiswa tersebut tidak mendukung aksi 11 April 2022.

Presiden Mahasiswa (Presma) Untirta, Ryco Hermawan, mengatakan mereka mendukung gerakan yang dilakukan sejumlah elemen mahasiswa, seperti Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI). Dia mengaku ada sejumlah pertimbangan mereka absen dalam aksi 11 April 2022 di Jakarta. “Menimbang satu dan lain hal yang membuat perhitungan dalam eskalasi nasional yang masih membutuhkan kejelasan, juga informasi yang pasang surut,” ucapnya.

Minimnya informasi itu membuat mahasiswa Untirta khawatir hanya akan menjadi massa yang tidak tahu arah dan tujuan. Wakil Presma UIN Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten, Wildan Mufti, mengatakan pihaknya saat ini masih melakukan konsolidasi dengan sejumlah perguruan tinggi lainnya. Namun, konsolidasi itu akan didorong untuk gerakan aksi di daerah.

“Dema UIN hari ini kami masih di tahap konsolidasi di setiap basis dan simpul simpul kampus," ujarnya. Dengan masih berkonsolidasi, kecil kemungkinan pihaknya akan ikut serta dalam unjuk rasa yang dilakukan di Jakarta, Senin besok. “Kami fokus buat di daerah. Kampus kampus dan organisasi yang hari ini konsolidasi akan kami fasilitasi untuk melakukan konsolidasi terbuka. Insyaallah Senin,” katanya.

Sementara itu, Badan BEM SI telah menetapkan lokasi untuk menggelar aksi di depan Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (11/4/2022). Awalnya BEM SI akan menggelar aksi di kawasan Patung Kuda. Namun, rencana aksi mereka dialihkan ke Senayan karena BEM SI ingin memastikan konstitusi yang dilakukan DPR RI berjalan baik.

Kendati demikian, Luthfi belum dapat memastikan skema pasti dalam penyampaian tuntutan pada aksi yang rencananya dihadiri 1.000 mahasiswa itu. Perubahan lokasi aksi itu juga turut disebarluaskan BEM SI melalui laman instagram resminya. Di mana dalam seruan tersebut, bertuliskan kalau BEM SI mengajak mahasiswa untuk menggeruduk rumah rakyat dalam hal ini DPR RI.

"Geruduk Rumah Rakyat Aliansi BEM SI kembali akan menggelar aksi massa yang akan dilaksanakan pada Senin (11/4/2022) pukul 10.00 WIB sampai memang lokasi DPR RI," tulis laman instagram BEM SI.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.